Sunday, 7 February 2016

Aplikasi mengedit, merekam, mengabungkan mp3

Tags

Ketemu lagi diseputar dunia informasi perkembangan teknologi disini saya akan memberikan tips cara menggabungkan lagu-lagu (mp3, wma, wav, ogg)  yang di edit dengan software. Seperti kemaren saya mengajarkan bagaimana cara converter format video,wma, wav, ogg ke mp3 disitu kita menggunakan software any convertert. Tetapi beda dengan kali ini disini saya mengajarkan bagaimana halnya cara mengedit audio seperti MP3, OGG, WAV dan WMA ?
menggabungkan lagu dalam satu file mp3.. Berikut dibawah ini software gratis dan open source yang bisa kita gunakan untuk mengedit, merekam, menggabung dan menambah berbagai efek file audio. Silahkan di cari dan download :

1.      Audacity
Software Open source ini cukup populer karena mungkin merupakan software opensource terlengkap. Audacity mampu merekam live audio atau dari microphine, meng-edit (cut, copy, paste) berbagai format audio, seperti OGG, MP3, WAV, AIFF, menambahkan berbagai effek, mengubah kualitas audio, dan juga berbagai fitur lainnya termasuk dukungan terhadap plugins.
2.     Power Sound Editor Free
Seperti halnya Audacity bahwa software ini juga mampu merekam audio secara langsung untuk di edit kembali. bagi sobat tentunya ingin mendapatkan sesuatu yang sangat powerful dalam hal mengedit audio sobat bisa memulainya dengan menginstall komputer dengan program ini. sobat tidak perlu khawatir karena disana sudah di sematkan dengan fitur - fitur stkamur seperti memotong, mix lagu, mencoba efect-efect yang berbeda. dan lain-lain. dari situs resminya sobat bisa melihat fitur-fitur yang wah dan tampilannya sangat ramah bagi siapa saja yang baru memulai menjadi editor. silahkan di coba.  
3.     WavePad Sound File Editor
WavePad dapat digunakan untuk mengedit berbagai format audio seperti wav, mp3, vox, gsm, real audio, au, aif, flac ogg dan lainnya. Selain fitur stkamurd (cut,copy,paste), berbagai fitur tersedia, seperti audio effect, batch convert, analysis, merekam audio, mendukung mono atau stereo, dan berbagai fitur lainnya.
4.     Music Editor Free
Satu lagi musik editor yang musti sobat coba untuk mengefit audio. nama Music Editor free memang sudah tenar dengan banyak fiturnya yang bisa si nikmati semua orang. dan sangat mudah di gunakan termasuk jika sobat adalah seorang pemula yang ingin mengedit lagu. beberapa fitur yang akan membuat sobat jatuh hati adalah bisa merekam suara secara langsung yang kemudian memotong, menyelipkan lagu, trim, efect-efect keren seperti amplify, normalize, equalizer, envelope, reverb, echo, reverse, sample rate conversion dan masih banyak lagi yang juga dengan software ini sobat bisa memungkinkan untuk langsung mengshare suara hasil edit tadi ke internet , maka dari itu rasanya sayang jika sobat lewatkan software ini untuk dicoba.

5.     Power Sound Editor Free
Power Sound Editor tampilannya mirip FAE 2009 sebelumnya dan mengusung mpir sama juga. Seperti Merekam audio baik dari microphone atau aplikasi yang berjalan, mengedit dengan fitur stkamurd, menggabung dengan file lain, menambah effek yang berbeda, Juga rip audio dan Burn audio ke CD.
6.     Qtractor 
Bagi sobat yang sudha lama berkecimpung di dunia musik editor tentu tidak asing dengan nama Qtractor yang satu ini. dan ternyata software ini banyak kelebihan salah satunya adalah  Multi track audio dan MIDI sequencing dan rekaman., Dikembangkan pada kerangka aplikasi Qt4 C++ murni. Menggunakan JACK audio dan ALSA sequencer untuk MIDI sarana multimedia. Paradigma kontrol tradisional multi track tape recorder. Audio file format dukungan: OGG (melalui libvorbis), memutar format audio seperti WAV, FLAC, AIFF dan lainnya, Support dengan Stkamur MIDI file (format 0 dan 1). Non-destruktif, non-linear pengeditan. XML dikodekan sesi proyek Deskripsi file (SDI). dan masih banyak lagi yang bisa sobat temukan di sana.
7.     Traverso DAW
Tranverso DAW merupakan software Open Source yang bisa berjalan di Windows, LInux dan Mac OS. Dengan fitur multitrack audio recording dan kemampuan editing, Unlimited undo/redo, Konversi sample rate, Multiple driver backends, Lockless realtime audio processing ( untuk menghindari proses perekaman yang terpotong), integrasi dengan CD burning dan lainnya.
8.     Mp3 Splt
yang Terakhir adalah Mp3Splt yaitu audio editor yang berfungsi mengefit suara seperti membagi audio format ogg vorbis, FLAC menurut namanya split bisa di artikan spesialis memotong lagu dan menyatukan audio dengan cepat.
9.     Free Audio Editor 2009 (FAE 2009)
Free Audio Editor tampil dengan skin Ribbon ( seperti office 2007), dengan kemampuan merekam maupun mengedit file audio/sound. Format yang didukung adalah mp3, wma, wav dan ogg. Seperti software lainnya FAE 2009 juga dilengkapi dengan audio effect, noise reduction, batch processing, CD ripper dan lainnya.

10.  Audio Tool
Hampir semua software di belahan dunia ini ingin selalu memanjakan para penggunanya tak terkecuali Audio Tool ini. mungkin sobat setuju jika tools ini di lain sisi sebagai kelebihan namun di sisi  lain tools ini adalah sebuah kekurangan maksud saya adalah untuk menjalankan tools ini sobat harus terkoneksi dengan internet karena sobat bisa melakukan pengeditan di browser dengan kata lain software ini adalah hanya bisa berjalan dengan online. sehingga sobat tidak perlu menginstallnya di komputer sobat cukup buka situs tersebut dan silahkan bebas berkreasi.